April 17, 2009

meika

Hihi. lucu juga memberi judul posting dengan nama sendiri. Heeh, nama saya meika, Ayo, kalian pasti menebak kalo saya anak nomor satu dan lahir bulan mei bukan? (alah, kegeran kamu,ka!). Betul, saya lahir bulan mei, tapi saya bukan anak pertama. (siapa yang peduli,ka!). Dilingkungan keluarga dan tetangga sebelah rumah, saya biasa dipanggil ika. Tapi kalo teman2 sekolah memanggil saya mek, aneh, tampak jelak dan enggak nyambung, kan?.

Gara-gara nama panggilan yang jelek itu, saya jadi balas memanggil nama teman-teman dengan suku kata pertama namanya. misalnya, teman saya Fuad, saya panggil fut, Teman saya Supriyadi, saya panggil Sup, teman saya Brefi saya panggil Bref, Teman saya Tukiyah, saya panggil Tuk, teman saya suharyanto, saya panggil Su. Untuk nama yang terakhir ini, saya punya pengalaman buruk. Jadi ceritanya pas saya masih SMK, saya suka nyambi kerja partime disebuah Toko baju pas liburan. Suatu hari teman saya itu datang, mengunjungi saya, bersama teman-teman sekampungnya, nah, saya menyapanya gini, "alo, su, piye kabare?". dan belum lagi Ia menjawab, teman-teman sekampungnya, ada yang ngomong gini,"apik-apik wae, leng!" pada saya. gubrak. saya langsung malu. hihi.

Saking seringnya memakai nama ika di lingkungan keluarga saya, saya dan simbah kakek saya sampe lupa, lho, kalo nama panjang saya Meika. Jadi ceritanya pas saya mau masuk SD, saya diantar mBah Kakek. Dulu mau masuk SD ada tesnya dulu. Tesnya gampang, cuma disuruh nulis nama sendiri sama tebak-tebakan huruf sama ibu guru. Karena dasarnya saya pinter, saya diterima. Penerimaannya juga lucu. Nama-nama anak yang diterima di panggil pake pengeras suara. nah, rupanya mereka sudah memanggil nama saya berkali-kali. Tapi saya ataupun mBah kakek saya enggak ngeh. Kami sama-sama lupa. Sampe Ibu guru yang ngetes saya menghampiri kami.
"Simbah, meniko, wayahipun ketampi, kok mboten mlebet-mlebet?"
Baru deh kami inget kalo nama saya meika. Sesuai dengan surat kelahiran saya. hihi.

Begitulah.

Nama saya juga enggak berarti apa-apa lho, saya pernah tanya ke Ibu, kata ibu, biar gampang ngingetnya aja, sama seperti saudara-saudara saya yang lain, lahir bulan mei, ya meika, lahir bulan maret, ya mariana, lahir bulan juni, ya yunita, lahir bulan Puasa yang Rhamadhoni, cuma andi, adik saya nomor 3 yang enggak ada hubungannya sama bulan, dia diberi nama Bayu, karena pas mau lahir, ibu duduk-duduk di bawah pohon mangga belakang rumah sambil menikmati semilir angin. hihi. Jadi, kalo ada yang tanya nama saya artinya apa, ya, enggak ada, cuma penanda aja. hehe. (lagian, siapa juga yang mau tanya, ka!).

Jadi, ada sekelumit cerita tentang nama kamu?


note: jadi pengen pasaran di bawah pohon mangga sambil nungguin simbah kakek meminyaki peralatan cukurnya.

2 komentar:

  1. nmaQ jg meika mba',, q lahir bulan mei anak prtma,, pas ya,,,
    tapi syang nma blakngQ yg agak ga mengenakan,,
    christanti,, blgnya ibuQ sech, nma itu yg ksih suster, yg bntu ibuQ ngelahirinQ,,
    jdi org yg baru kenal ma Q pda bgung, dipikrnya q ini mualaf mba',, jdi sedih,,
    tapi i'ts ok lah,,,

    BalasHapus

monggo......