Mei 18, 2008

gudeg mbah min

minggu pagi,
saya selalu berangkat kerja lebih pagi dari biasanya. karena, yang pertama, biar ada cukup waktu untuk ke bunderan UGM, nyari buku rijek. kedua, biar enggak berpapasan sama tetangga-tetangga.
capek juga tiap hari berangkat kerja selalu ditanya, "kerja, ya, mbak? kok enggak pernah libur?".Dan biasanya saya cuma tersenyum, sambil njelasin kalo saya liburnya tuh hari sabtu, hari minggu cuma bantuin embak yang di kantor. biar enggak sendirian. Padahal dalam hati saya bilang, " mau libur, kek, enggak, kek, emang harus laporan sama kalian". Ah, mungkin sebenarnya mereka begitu perhatian pada saya....(ayo.... keep on positip!!!!)

tujuan pertama saya, ke pasar ndemangan, nyari bubur gudeg sama telur item. Hingga sampailah saya pada lesehannya mbah min, orang tua bungkuk yang jualan gudeg di emperan pasar demangan.
"mBah, nyuwun bubur gudeg kalih tigan, pedes."
"Iyo, nok. ealah, Nok, saiki opo2 larang, gori yo larang tenan. iki ora nganggo gori, yo, nganggo gudeg bung, yo...(bung= bambu muda )"
"waduh, mbah, nopo nggih enak gudeg bung niku, lha gek pripun menawi gudeg mboten onten gorine?"
"lha yo, mbuh, nok. lha wong opo2 larang kabeh.gori saiki seliko 9 ewu. kuwi wae durung di onceki. endok sekilo 11 ewu. lengo mambu sak liter 35, lha wong mlarat koyo simbah iki njur piye....."


Begitulah kalo apa2 mahal. gudeg gori aja diganti gudeng bung. lama2 kalo bung juga mahal, gudeg bung juga bisa diganti gudeg sisa potongan kayu, atau gudeg sandal jepit bekas..... Oalah, mbah min,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

monggo......