November 23, 2012

maaf

waktu aku bilang maafkan aku, kau menjawab: bukan kesalahanmu, nduk. kau tak perlu minta maaf untuk hal-hal yg tidak kau lakukan. lalu air matakupun berjatuhan.

aku minta maaf karena kau bersedih dan aku tak bisa menghiburmu.
aku minta maaf karena kau meneteskan airmata dan aku tak bisa menenteramkan hatimu.
aku minta maaf atas semua hal buruk yang menimpamu dan aku tak kuasa mencegahnya.
aku minta maaf karena Tuhan sedang mengujimu dan permohonanku pada-Nya agar kau diberi hidup tenang dan nyaman tanpa cobaan tak dikabulkan-Nya.
aku minta maaf karena aku tak bisa memaksa saudara-saudaraku untuk tidak melakukan hal-hal bisa membuatmu bersedih.
aku minta maaf karena tak bisa menyuruh semesta alam berkonspirasi untuk membuatmu bahagia saja. senang-senang saja. tenang-tenang saja.
aku minta maaf karena aku bukan apa-apa. aku minta maaf karena tak tau harus melakukan apa untuk bisa mengurangi bebanmu.

aku tau itu bukan salahku. aku hanya merasa bersalah kalau kau bersusah hati.
tak ada yang bisa kulakukan selain minta maaf padamu atas nama semua hal buruk yang terjadi. maafkan aku karena tak bisa mencegahnya sebelum menghampirimu.

tapi aku tahu sesuatu, buk, bahwa Tuhan selalu punya rencana yang lebih baik. bahwa hal-hal baik, akan terlihat baik bila waktunya tiba. jadi jangan bersedih, buk. karena aku paling merasa sedih, bila mendengarmu bersedih.


:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

monggo......